Senin, 22 Januari 2018

Koleksi Design Software Open Source atau Gratis untuk Komputer Anda

1. FreeCAD FreeCAD adalah pemodel 3D parametrik yang dibuat terutama untuk merancang benda-benda kehidupan nyata dari berbagai uk... thumbnail 1 summary







1. FreeCAD

FreeCAD adalah pemodel 3D parametrik yang dibuat terutama untuk merancang benda-benda kehidupan nyata dari berbagai ukuran. Pemodelan parametrik memungkinkan Anda memodifikasi desain dengan mudah dengan kembali ke sejarah model dan mengubah parameternya. FreeCAD adalah open-source dan sangat mudah disesuaikan, dapat ditulis dan dapat diperluas.

FreeCAD adalah multiplatfom (Windows, Mac dan Linux), dan membaca dan menulis banyak format file terbuka seperti LANGKAH, IGES, STL, SVG, DXF, OBJ, IFC, DAE dan banyak lainnya.




2. Blender 3D

Blender adalah perangkat penciptaan 3D gratis dan open source. Ini mendukung keseluruhan pemodelan pipa 3D, rigging, animasi, simulasi, rendering, compositing dan motion tracking, bahkan editing video dan pembuatan game. Pengguna tingkat lanjut menggunakan API Blender untuk skrip Python untuk menyesuaikan aplikasi dan menulis alat khusus; Sering kali ini disertakan dalam rilis masa depan Blender. Blender cocok untuk individu dan studio kecil yang mendapatkan keuntungan dari proses perpipaan terpadu dan proses pengembangannya yang responsif. Contoh dari banyak proyek berbasis Blender tersedia di etalase.

Blender adalah cross-platform dan berjalan sama baiknya di komputer Linux, Windows, dan Macintosh. Antarmukanya menggunakan OpenGL untuk memberikan pengalaman yang konsisten. Untuk mengkonfirmasi kompatibilitas tertentu, daftar platform yang didukung menunjukkan pengujian yang secara teratur diuji oleh tim pengembang.

Sebagai proyek berbasis komunitas di bawah GNU General Public License (GPL), masyarakat diberdayakan untuk membuat perubahan kecil dan besar pada basis kode, yang mengarah pada fitur baru, perbaikan bug responsif, dan kegunaan yang lebih baik. Blender tidak memiliki label harga, namun Anda dapat berinvestasi, berpartisipasi, dan membantu memajukan alat kolaborasi yang hebat: Blender adalah perangkat lunak 3D Anda sendiri.



3. Inkscape

Inkscape adalah editor grafis open source editor yang mirip dengan Adobe Illustrator, Corel Draw, Freehand, atau Xara X. Yang membedakan Inkscape adalah penggunaan Scalable Vector Graphics (SVG), standar W3C berbasis XML yang terbuka, sebagai format asli .

Untuk Desainer dari semua Jenis
Proses perancangan mungkin dimulai dengan corat-coret di atas serbet, sketsa pola pikir, foto objek yang mudah diingat, atau mockup dalam perangkat lunak yang benar-benar tidak akan berfungsi untuk menyelesaikan proyek. Inkscape dapat membawa Anda dari tahap ini ke format desain kelas profesional akhir yang siap dipublikasikan di web atau dalam bentuk fisik.

Jika Anda baru mengenal proses pembuatan gambar vektor, mungkin akan terasa berbeda, namun Anda dengan cepat akan merasa senang dengan fleksibilitasnya, dan kekuatan yang ditawarkan Inkscape. Desain vektor seringkali merupakan metode yang disukai untuk pembuatan gambar untuk logo, ilustrasi dan seni yang membutuhkan skalabilitas tinggi. Aplikasi Inkscape digunakan di berbagai industri (pemasaran / branding, teknik / CAD, grafis web, kartun) dan penggunaan individual.




4. GIMP
GIMP adalah editor gambar cross-platform yang tersedia untuk sistem operasi GNU / Linux, OS X, Windows dan lebih banyak lagi. Ini adalah perangkat lunak bebas, Anda dapat mengubah kode sumber dan mendistribusikan perubahan Anda.

Apakah Anda seorang desainer grafis, fotografer, ilustrator, atau ilmuwan, GIMP memberi Anda alat canggih untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Anda dapat lebih meningkatkan produktivitas Anda dengan GIMP berkat banyak pilihan penyesuaian dan plugin pihak ke-3.





5. Krita

Krita adalah alat lukisan GRATIS dan open source yang dirancang untuk seniman, ilustrator, matte dan seniman tekstur, dan industri VFX. Krita telah berkembang selama lebih dari 10 tahun dan telah mengalami ledakan baru-baru ini. Ini menawarkan banyak fitur umum dan inovatif untuk membantu amatir dan profesional.






6. STUDI SYNFIG

Perangkat lunak animasi 2D open source
untuk membuat Film atau Animasi 2d
mendukung beberapa fitur :
Lapisan
Synfig mendukung banyak lapisan dari berbagai jenis; geometris, gradien, filter, distorsi, transformasi, fraktal dan beberapa lainnya.
Tulang
Sistem tulang berfitur lengkap memungkinkan untuk membuat animasi cutout menggunakan gambar bitmap atau mengendalikan karya seni vektor Anda. Lapisan Distorsi Skeleton memungkinkan untuk menerapkan deformasi kompleks ke karya seni bitmap.
Dukungan suara
Synfig memiliki fitur dasar untuk sinkronisasi animasi Anda dengan soundtrack menggunakan Sound Layer. Pengguna Linux bisa mendapatkan semua manfaat editor audio dengan fitur lengkap melalui integrasi JACK.

Tidak ada komentar

Posting Komentar